30 Desember 2009

Himares laksanakan pemilu

Setelah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyelenggarakan pemilu raya untuk memilih ketua BEM Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Jember, 22 Desember 2009 kemarin Himpunan Mahasiswa Reguler sore (Himares) menyadakan pemilihan untuk menentukan ketua Himares periode 2009-2010. pemilu ini biadakan di gedung Poma lt. I FE Unej, acara ini sejatinya akan dimulai pada pukul 15.00 wib namun baru bisa berjalan satu jam kemudian hingga pukul 22.00 wib. Kandidat calon ketua Himares yaitu Dienni Ruhyantini Sholihah, Maya Rosyita K, S, Tamio Soberano dan Chandra Setiawan. Pemilihan ini diadakan setelah diadakan debat antar calon sehari sebelumnya di ruang multi media FE Unej.
Dari hasil penghitungan suara terpilih Chandra Setiawan dengan perolehan suara sebanyak 67 suara disusul oleh Tamio dengan 25 suara, Maya 24 suara, dienni 12 suara dan tidak sah sebanyak 2 suara. Dalam pemilu ini hanya sebanyak 130 dari 1168 mahasiswa reguler sore yang menggunakan hak pilihnya.
Secara umum pemilihan ini berlangsung lancar, namun ada kendala yang terjadi terkait mahasiswa transfer yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Menurut ketua umum Himares Hosnol Hotima, hal ini disebabkan data mahasiswa yang diterima dari daftar pemilih BEM tidak menjelaskan pemilih daftar pemilih yang murni mahaiswa tranfer. Ketika dikonfirmasi mengenai hak pilih bagi mahasiswa transfer tersebut ketua panitia pemilihan umum Prasetyo Nugroho mengatakan mahasiswa transfer tersebut hak pilihnya tidak ada. Hosnol mengatakan persiapan pemilihan ini memakan waktu sekitar dua minggu dan panitia telah menggunakan waktu tersebut dengan seefektif mungkin.
Mengenai dana yang digunakan untuk membiayai pemilihan ini, Prasetyo mengatakan dananya berasal dari kas Himares. Panitia tidak mengajukan permohonan dana pada fakultas untuk mengantisipasi molornya pemilu ini. [Retty F Frita K Z]

0 komentar: