28 November 2008

Dukun Tengger Hadiri Tasyakuran Dies Natalis ke 44 Unej

TASYAKURAN Dies Natalis ke 44 Universitas Jember di gedung Soetardjo terasa beda, pasalnya ada lima orang dukun Tengger yang hadir dalam acara itu (10/11). Kehadiran para dukun Tengger yang dipimpin oleh Bapak Mudjono kali ini berkaitan dengan launching buku berjudul "Kamus Budaya Dan Religi Tengger" yang dikarang oleh Prof. Dr. Ayu Sutarto, MA dari Fakultas Sastra Universitas Jember.

Tak urung kehadiran para dukun Tengger ini menarik segenap sivitas akademika Universitas Jember yang hadir. Apalagi saat Bapak Mudjono yang merupakan tetua dukun Tengger menjelaskan mengenai budaya dan prinsip hidup masyarakat Tengger yang sampai saat ini kukuh dipegang oleh seluruh masyakarat Tengger.

Ajaran tersebut mampu membawa masyarakat Tengger hidup dalam harmoni dan kedamaian, terbukti sampai saat ini tak ada tindak kriminal semisal pencurian apalagi pembunuhan di daerah Tengger. Dalam kesempatan ini Bapak Mudjono juga berharap agar Universitas Jember terus mengangkat budaya Tengger dalam bentuk penerbitan buku dan tulisan ilmiah lainnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Dr. Ir. T. Sutikto, MSc menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas segala dukungan dari segenap sivitas akademika dan stake holders sehingga Universitas Jember mampu tegal berdiri dan terus berprestasi. Acara tasyakuran dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor yang kemudian diserahkan kepada dosen teladan dan para mahasiswa berprestasi yang kemudian dipungkasi dengan makan bersama.[diambil dari www.unej.ac.id]

0 komentar: