02 Maret 2009

FE Unej Sediakan Hotspot Bagi Mahasiswa

AKHIR-akhir ini ada pemandangan yang tidak biasanya di FE Unej. Di salah satu sudut kampus tampak beberapa mahasiswa sedang sibuk berkutat dengan laptop di hadapannya. Di sudut-sudut lain pemandangan seperti ini kiranya kian sering dijumpai.

Adanya fasilitas hotspot di FE yang bisa dinikmati mahasiswa secara cuma-cuma menjadi alasan munculnya fenomena baru tersebut. Mereka sedang mengakses internet melalui laptop. Disela-sela menunggu kuliah atau disaat senggang biasanya mahasiswa memilih untuk berinternet ria.

Seperti yang tampak di depan kompleks seketariat unit kegiatan mahasiswa (UKM) FE pada Jumat (27/2) kemarin. Beberapa mahasiswa sedang santai sambil memanfaatkan fasilitas internet gratis. Ketika saya dekati mereka sedang mengakses internet. Salah seorangnya tampak sedang membuka webssite koran termuka. ” Saya sedang mencari data untuk bahan kuliah,” kata Kasiful Anwar, salah seorang dari mahasiswa yang sedang mengakses internet tersebut.

Fasilitas baru ini disambut gembira oleh sejumlah mahasiswa, Kasiful Anwar adalah salah satu contohnya. Adanya fasilitas hotspot makin memudahkannya mengakses informasi. Jika selama ini dia, ketika akan mengakses internet selalu mengunjungi tempat-tempat yang tersedia hotspot, ”Sebelumnya saya pergi ke pelantaran UPT Perpustakaan Unej untuk dapat berinternet gratis,” katanya. Namun masih ada kendala jarak untuk berkunjung ke sana. ”Nah, kalau di FE tersedia hotspot kan lebih membantu mahasiswa,” tambahnya.

Kasiful menambahkan, ada banyak keuntungan yang didapatkan mahasiswa. Pertama, mahasiswa dapat mengakses informasi dengan cepat sebagai bahan untuk persiapan materi kuliah. Sebul kuliah mahasiswa dapat terlebih dahulu mencari bahan-bahan yang bisa menunjang proses belajar di ruang kelas melalui fasilitas ini.

Kedua, di waktu-waktu sengang jika menunggu dosen yang terlambat hadir atau menunggu jadwal waktu kuliah selanjutnya mahasiswa bisa mengakses internet. Selain bisa mengisi waktu, mahasiswa juga diuntungkan dengan dapat mengakses informasi dari luar dengan mudah.

”Kedepannya, iklim akademis di FE bisa cepat meningkat karena ditunjang faslitas ini,” katanya dengan optimis.

Keberadaan fasilitas ini juga dirasakan manfaatnya oleh Retty, mahasiswa S-1 Akuntansi. Menurutnya, mahasiswa banyak dibantu dengan adanya fasilitas hotspot, terutama dalam hal kemudahan mengakses informasi.[Nody Arizona]

0 komentar: