20 Oktober 2009

Koordinasi Dekanat dengan UKM dan Ormawa

Jumat (16/10) lalu, dekan FE M. Saleh, Ririn Irmadariyani pembantu dekan II dan M. Fathorrozi pembantu dekan III mengadakan koordinasi dengan ormawa dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Fakultas Ekonomi. Dalam acara tersebut, pihak dekanat menyosialisasikan dan mendiskusikan beberapa beberapa hal dengan beberapa perwakilan dari ormawa dan UKM tersebut. Beberapa hal yang dibahas antara lain, masalah keamanan ruang sekretariat masing-masing ormawa dan UKM, behavior atau perilaku mahasiswa, masalah pendanaan di FE dan rencana pembangunan fisik yang tengah diselesaikan dan yang akan dibangun di FE.
Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat dekanat FE berlangsung lancar dengan dihadiri sekitar 22 orang perwakilan dari UKM.Pembahasan pertama disampaikan oleh M. Saleh mengenai keamanan di FE yang sangat rawan dan beberapa laporan kehilangan di beberapa sekretariat. Beberapa perwakilan UKM pun ada yang mengeluhkan bahwa tenaga keamanan FE yang tidak berpatroli saat malam sehingga tidak meminimalisasi tindakan pencurian pada malam hari. Menanggapi hal itu, pihak dekanat menawarkan beberapa opsi, pertama, sesuai dengan kebijakan universitas, keamanan menjadi tanggung jawab universitas dan semua kegiatan di kampus berhenti pada jam 22.00 wib. Kedua, keamanan menjadi tanggung jawab fakultas dan kegiatan kampus bisa hingga 24 jam. Setelah dimusyawarahkan dengan perwakilan mahasiswa tersebut, ahkirnya disepakati bahwa keamanan akan diserahkan pada fakultas mengingat kegiatan UKM dan ormawa bisa sampai dini hari. Selain itu, setiap terjadi pencurian akan dilaporkan pada pihak berwajib.

Selain keamanan, M. saleh dan Fathorrozi juga menekankan perlunya perilaku mahasiswa yang didasari moral dan sopan santun. Pada saat itu, M. Saleh menunjukkan botol miras yang ditemukan di sekitar kampus FE. Diyakini bahwa botol itu milik salah satu mahasiswa FE. Selain M. Saleh, M. Fathorrozi juga mengatakan bahwa pergaulan mahasiswa diluar norma-norma yang berlaku tidak pantas dilakukan. Dalam kesempatan itu pula, M. Fathorrozi berpesan, “sebagai pengurus UKM dan ormawa, jangan lebih berani untuk tidak disiplin daripada mahasiswa lain. Karena, terus terang, kalian adalah panutan bagi mahasiswa lain”.
Kemudian mengenai rencana pembangunan fisik di FE, M. saleh mengatakan bahwa selain lapangan badminton, akan dibangun gazebo dan hotspot area. “Agar kalian (UKM) dapat memanfaatkan gazebo tersebut untuk rapat selain ruang kelas” tambah M. Saleh. Sedangkan mengenai rencana pembangunan hotspot area, Fathorrozi menambahkan agar mahasiswa bisa lebih mudah mengakses internet yang bermanfaat.
Selanjutnya, Ririn Irmadariyani pembantu dekan II membahas mengenai pendanaan untuk UKM dan ormawa di FE. Dalam kesempatan itu, Ririn meminta agar UKM mengajukan dana dengan jumlah yang realistis (tak ada mark up.red) dan saat mengajukan dana atau peminjaman peralatan dan ruang tidak secara mendadak. Ririn juga meminta agar mahasiswa memberi rencana pengeluaran tiap periode agar fakultas dapat menyesuaikan anggaran untuk mahasiswa. (Retty F Frita K Z)

0 komentar: